Senin, 01 Maret 2010

PKM

PKM ( Program Kreativitas Mahasiswa)

PKM ini terdiri dari 4 jenis yaitu:

  1. PKM bidang Penelitian. Biasanya PKMP ini dimanfaatkan untuk bahan Penulisan Ilmiah (PI) sebuah Tugas yang wajib dilaksanakan oleh semua mahasiswa D3 dan S1 di UG sebagai tanda setara sarjana muda, serta SKRIPSI untuk mahasiswa S1 Kalo untuk D3 sih PI tersebut merupakan tugas akhir anda.
  2. PKM bidang Pengabdian Masyarakat (PKMM), yang dititikberatkan pada membantu persoalan di masyarakat, atau artinya memberikan kegiatan yang bisa memberdayakan masyarakat untuk masalah2 tertentu. PKMM merupakan bentuk kepedulian mahasiswa terhadap masyarakat, biar tidak tergolong “menara gading”. Banyak kan persoalaan masyarakat yang ada di sekitar kita?
  3. PKM bidang Wirausaha (PKMW), yang memberikan insentif kepada kelompok mahasiswa yang mencoba menjadi wirausaha. PKMW ini bagusnya menghasilan produk atau jasa yang mempunyai potensi untuk dipasarkan. Banyak juga kan mahasiswa yang juga nyambi secara part-time bekerja untuk sekedar membantu orang tua. Tapi jangan sampe kuliah terganggu sih, karena kuliah itu tetap nomor satu ya hehehe
  4. PKM bidang Penerapan teknologi (PKMT) yaitu penerapan atau pemanfaatan sebuah jenis teknologi yang sudah ada untuk mengatasi persoalan, baik di perguruan tinggi, dunia pendidikan, atau masyarakat umum. Jenis teknologinya pun tidak harus canggih, namun cukup telknologi tepat guna yang bisa menjadi solusi terhadap sebuah masalah atau membantu masyarakat juga.

Berbagai topik PKM sangat banyak, dan itu bisa dimulai dengan mengamati fenomena di sekitar kita.Tidakkah fenomena tersebut berupa persoalaan, masalah, kesulitan, peluang, tantangan, dll yang bisa kita angkat menjadi topik PKM sesuia bidangnya masing-masing. Tidakkah anda tertarik untuk meluangkan sedikit waktu diluar padatnya perkuliahan untuk menjadi mahasiswa yang kreatif da inovatif? Tunjukkan bahwa mahasiswa indonesia pun tidak hanya sekedar hura-hura, bukan generasi manja, atau mempunyai kepedulian sosial yang tinggi terhadap persoalan riil di masyarakat.

Ide atau gagasan sebenarnya ada di sekitar kita. Gunakanlah panca indera anda untuk mengeksplorasi fenomena di sekitar kita. Tidakkah anda tertarik ketika jumlah pengamen jalanan kok semakin banyak di perkotaan, Tidakkah anda tertarik dengan fenomena dan dampak penggunaan facebook di kalangan pelajar dan mahasiswa? Tahukah anda bahwa omzet warung tegal bisa melebihi penghasilan seorang dosen? hehehe Tidakkah anda tertarik menerapkan teknik SEO untuk mempromosikan produk usaha kecil? Bagaimana sih prilaku penggunaan internet di kalangan mahasiswa? Mengapa ya bahasa atau tulisan di blog atau sms itu kok susah dibaca atau tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar? Bisa enggak ya menerapkan edutainment kepada anak-anak panti asuhan? Dan begitu banyak pertanyaan-pertanyaan lainnya yang bisa dihasilkan dengan hanya mengamati fenomena di sekitar kita.

Kenapa saya mengemukakan ide atau gagasan tersebut dalam pertanyaan? Memang begitulah format yang biasa disampaikan dalam sebuah proposal, termasuk untuk PKM. Para pakar menamakannya sebagai research question atau problem statement. Konsep tersebut harus diformulasikan dengan jelas dan tajam. Dan disini dituntut kemampuan bahasa dan mencari rujukan tentang research question atau problem statement.Tidak usah takut dulu ya, toh nanti ada Dosen Pembimbing yang mengarahkan. Yang penting kenalilah, identifikasilah, dan berfikir kritis lah terhadap berbagai persoalan yang begitu banyak di sekitar kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar